CLICK HERE FOR THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES »

Trichordiniasis

Trichordiniasis merupakan penyakit gatal pada ikan yang disebabkan oleh protozoa Trichodina sp., yang pada umumnya menginfeksi bagian luar seperti kulit, sirip dan ingsang ikan, namun sering pula dijumpai menginfeksi organ dalam seperti saluran kemih dan masuk ke dalam rektum dan kloaka ikan. Sekitar 112 jenis Trichodina sp. telah teridentifikasi dari ikan, namun pada umumnya mengakibatkan masalah yang hampir sama.

Bentuk parsit ini bundar yang menyerupai topi, simetris dengan ujung tumpul dan sisi lateral berbentuk seperti lonceng. Bergerak dengan bulu getar (cilia) yang terdapat pada “aboral disk” dengan gerakan yang cepat di permukaan tubuh, ingsang dan sirip ikan. Ciri khas patogen ini adalah cincin dentikel yang berfungsi sebagai alat penempel pada inang, cincin dentikel tersebut dilengkapi dengan tanduk dan pisau yang berkembang dengan baik.
Trichodina sp. menginfeksi dengan cara menempel di lapisan epitel ikan dengan bentuan ujung membran yang tajam. Setelah menempel, parasit segera berputar-putar sehingga merusak sel-sel di sekitar tempat penempelannya, memakan sel-sel epitel yang hancur dan mengakibatkan iritasi yang serius. Pada lingkungan dengan populasi parasit yang cukup tinggi, umumnya apabila kadar bahan organik cukup tinggi, kondisi ini menjadi lebih berbahaya.


Ikan yang terinfeksi Trichodina sp. akan terlihat pucat, nafsu makan berkurang, gerakan lamban, sering menggosok-gosokkan tubuhnya pada dinding kolam, iritasi, tubuh ikan tampak mengkilat karena produksi lendir yang bertambah dan pada benih ikan sering mengakibatkan sirip rusak atau rontok.
Untuk mengobati ikan yang terserang Trichodiniasis dapat dilakukan dengan merendam ikan dalam larutan formalin 40 ppm selama 24 jam atau 150 -200 ppm selama 15 menit. Biasanya juga menggunakan Malacite green 0,1 gr/m3 selama 24 jam. Secara umum, teknik yang efektif untuk memberantas White Spot juga sangat efektif untuk memberantas Tricodiniasis.

0 komentar: